Sabang Hill Pulau Weh Tujuan Wisata Menarik Dikunjungi



Sabang di Pulau Weh, yang berjarak sekitar 14 mil laut dari pantai Kota Banda Aceh, adalah salah satu daerah distributor terkemuka untuk pariwisata nasional, yang potensinya meliputi, antara lain, panorama bawah laut alami dengan terumbu karang dan berbagai spesies ikan langka.

Walikota menjelaskan bahwa pemerintahnya bertekad untuk terus membangun berbagai fasilitas pendukung pariwisata, dan jika sektor jasa dikelola dengan benar, itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, termasuk wisatawan asing.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan internasional, pihaknya terus mempromosikan keindahan objek wisata Kota Sabang, tambah Nazaruddin.

"Jika kunjungan wisatawan meningkat, pendapatan masyarakat pasti akan meningkat, dan kami berharap semua media akan berkontribusi untuk mempromosikan potensi wisata bahari," jelasnya.

Sabang juga memiliki pelabuhan perdagangan bebas yang berpotensi untuk dibangun sebagai tujuan wisata yang menarik.

Kepala Badan Perdagangan Bebas Pelabuhan Sabang (BPKS), Sayid Fadhil, telah menyatakan bahwa lembaganya memprioritaskan sektor pariwisata dalam pengembangan pelabuhan Sabang dan kawasan perdagangan bebas.

"Kami akan memprioritaskan pengembangan sektor pariwisata di kawasan perdagangan bebas Sabang dan mencoba menjadikannya tujuan dunia, selain sektor-sektor lainnya," kata Fadhil di Banda Aceh, Minggu (28 Oktober).

Sejauh ini, Sabang adalah tujuan wisata utama di Provinsi Aceh. Tidak hanya memiliki wisata bahari tetapi juga wisata sejarah. Banyak peninggalan Belanda dan Jepang ditemukan di Sabang.

Selain kehidupan lautnya yang menakjubkan, Sabang juga memiliki gunung berapi bawah laut, menawarkan pengunjung kesempatan untuk mengalami penyelaman yang unik. Pantai Iboih dan Pulau Rubiah kecil, yang terletak 100 meter darinya, adalah tujuan wisata paling populer di Sabang. Ini juga merupakan kawasan konservasi alam.

Selain itu, ia juga memiliki monumen menarik yang terletak di ujung barat Sabang, 29 kilometer dari pusat kota, menandai titik paling barat dari tanah Indonesia. Meninggalkan Sabang tanpa mengunjungi monumen ini mirip dengan meninggalkan Paris tanpa mengunjungi Menara Eiffel.

Saat ini, Sabang juga merupakan tempat persinggahan bagi kapal pesiar yang bisa mendatangkan ribuan turis. Sejumlah kapal pesiar secara teratur berlabuh di Pelabuhan BPKS, Fadhil menjelaskan.

"Para wisatawan yang datang dengan kapal pesiar mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat Sabang," Fadhil menjelaskan. Untuk mendukung pengembangan pariwisata di kawasan perdagangan bebas, BPKS saat ini sedang merevitalisasi Pelabuhan Balohan. Pelabuhan adalah pintu masuk utama wisatawan ke Pulau Weh, selain dari Teluk Sabang.

"Kami telah menggunakan lebih dari setengah anggaran BPKS pada 2018 untuk revitalisasi Pelabuhan Balohan. Anggaran BPKS tahun ini telah mencapai Rp 221 miliar," katanya.

Selain pariwisata, lanjutnya, Sabang juga akan menjadikan kawasan perdagangan bebas sebagai pusat layanan pelabuhan internasional dan industri perdagangan di Asia Tenggara. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan Paket Tour Sabang yang dikemas menarik dan berkualitas.

"Sektor andalan akan menjadi pekerjaan utama kami sehingga kehadiran pelabuhan Sabang di kawasan perdagangan bebas dan menjadikan Sabang sebagai tujuan wisata dunia benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat Aceh.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmati Liburan Dengan 3 Aktifitas Dan Makanan Khas Di Bintan

Beberapa Aktifitas Menarik Di Kota Padang Bukittinggi Sumatra Barat

Royal Sumatra Golf Club Is The One Best Golf Course in Medan